Kementerian ESDM Kaji Kriteria Evaluasi​ Desain Awal Proyek Masela

Anggita Rezki Amelia
12 Mei 2017, 20:32
Rig
Katadata

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menggodok beberapa kriteria sebagai bahan evaluasi desain awal (pre-FEED) Blok Masela yang sedang dilakukan Inpex Corporation. Proses pre-FEED ini terdiri dari dua tahap.

Menurut Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, selama proses itu pemerintah berhak mengevaluasi pekerjaan Inpex. “Setiap proses itu kami evaluasi benar atau tidak, sesuai standar internasional apa tidak,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/5).

Advertisement

(Baca: Pemerintah Melunak, Kajian Awal Blok Masela Dilakukan Dua Tahap)

Sebagai gambaran, tahap pre-FEED ini dilakukan untuk menentukan alokasi gas Masela dan lokasi kilang. Saat ini ada perbedaan pandangan mengenai dua hal tersebut sehingga harus mencari titik temu.

Untuk alokasi gas, ada dua opsi. Inpex menginginkan gas Masela sebesar 9,5 juta ton per tahun (mtpa) untuk gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) dan gas pipa sebanyak 150 juta kaki kubik per hari (mmscfd). Sementara pemerintah ingin, porsi LNG lebih sedikit yaitu 7,5 mtpa , tapi gas pipa untuk dalam negeri diperbanyak menjadi 474 mmscfd.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement