Kuartal I, Realisasi Program Sejuta Rumah Baru 169 Ribu Unit

Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2017, 08:00
Rumah Jokowi
Rusman/Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo saat meresmikan pembangunan rumah murah di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (4/5/2017)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat realisasi program sejuta rumah pada kuartal I 2017 baru mencapai 169.614 unit. Dari jumlah itu, rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sebanyak 155.408 unit serta rumah untuk non MBR sebanyak 14.206 unit

Jumlah tersebut diklaim tak jauh berbeda dengan capaian 2016 yang hingga tutup tahun hanya 805.169 unit. "Relatif hampir sama," kata Direktur Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Syarif Burhanuddin  di Jakarta, Selasa (16/5).

(Baca juga: Kemenkeu Dorong Uang Muka 1 Persen untuk Rumah Murah)

Menurut Syarif, siklus triwulan pertama memang cenderung lebih rendah ketimbang triwulan berikutnya. Selain itu, ia juga optimistis realisasi program sejuta rumah tahun ini dapat lebih baik dari tahun lalu karena ada program seperti uang muka 1 persen pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Jadi jangan terlalu mengandalkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Karena FLPP hanya sanggup menyediakan 120 ribu rumah," katanya.

Sedangkan Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata menargetkan kontribusi 200 ribu unit rumah MBR pada tahun ini. Dia mengklaim untuk realisasi hunian MBR oleh REI telah melebihi target pada kuartal I. “Kalau dijumlah keseluruhan, 40 persen lah," katanya.

(Baca juga:  Aturan Bank Tanah Akan Terbit Tiga Bulan Lagi)

Soelaeman juga menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung program sejuta rumah serta uang muka KPR 1 persen. Dia mengatakan salah satu yang akan diperkuat adalah pembangunan rumah untuk MBR di daerah.

Dia mengatakan langkah memacu pasar rumah MBR adalah dengan membantu pemerintah pusat mengawal penyederhanaan izin di daerah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 64 Tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan MBR. "Kami akan cek terus di semua daerah," kata Soelaeman.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...