Menteri Susi Gandeng PBNU dan Muhammadiyah Budidaya Lele

Image title
17 Mei 2017, 17:36
Peternak Lele
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Warga memanen ikan lele di Surabaya, Minggu (22/1). Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan bibit dan peralatan ternak lele untuk pondok-pondok pesantren.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Muhammadiyah untuk menggarap program budidaya ikan lele di pondok pesantren binaan. Program ini ditargetkan menyerap 1.030 tenaga kerja.

Sebanyak 73 pondok pesantren, 12 kelompok masyarakat, dan 2 lembaga pendidikan di 15 provinsi akan mulai menerima 103 paket bantuan ini mulai akhir April 2017. Tiap paket bantuan bernilai hingga Rp 200 juta.

“Kami mintakan dengan PBNU, Muhammadiyah untuk sinergi dengan lembaga keagamaan untuk bersama mengkawal pondoknya masing-masing,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto di Gedung Mina Bahari IV, Rabu (17/5).

(Baca juga: Prioritaskan Program, Produksi Perikanan Budidaya Naik 3 Persen)

Slamet mengatakan, total dana yang dikucurkan untuk program ini mencapai Rp 14,4 miliar dengan sasaran nilai panen mencapai Rp 21,78 miliar atau setara 1.452 ton.  Kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti ini sudah mulai lakukan mobilisasi peralatan ke pondok pesantren mitra.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...