Pakai Uang Elektronik, Pemudik Dapat Diskon 20% di Tol Jasa Marga

Miftah Ardhian
17 Mei 2017, 13:35
Gardu Tol Otomatis
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menyediakan promo khusus bagi para pemudik saat momen Lebaran akhir Juni mendatang. Jika pemudik melalui ruas jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga maka akan mendapatkan diskon tarif sebesar 20 persen. Syaratnya, transaksinya menggunakan uang elektronik.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru menyatakan, program promo ini merupakan bentuk pelayanan operasional kepada pengguna jalan, khususnya di ruas tol yang dioperasikan Jasa Marga pada periode arus mudik Lebaran 2017. Jasa Marga akan memberikan tarif diskon 20 persen bagi pengguna electronic money yang melakukan transaksi pembayaran tol.

Advertisement

"Diskon 20 persen ini hanya berlaku bagi pengguna uang elektronik seperti E-money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), dan Flazz (BCA)," ujar Heru dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (17/5).

Ia menjelaskan, diskon tarif untuk pengguna uang elektronik akan berlaku mulai dari H-3 sampai dengan H+2 Lebaran. Diskon tarif ini juga masih berlaku pada saat arus balik mulai dari H+4 sampai dengan H+6 lebaran.

Menurut Heru, adanya program diskon ini karena melihat perkiraan peningkatan jumlah kendaraan yang sangat signifikan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017. Hal ini menyebabkan antrean di gerbang tol melebihi antrean kendaraan pada kondisi normal.

Dengan adanya diskon 20 persen yang diberikan untuk pengguna uang elektronik, Jasa Marga berharap pengguna jalan berpindah melakukan transaksi pembayaran tol dari tunai menjadi nontunai. Alhasil, waktu transaksi di gardu tol lebih cepat sehingga kapasitas transaksinya pun semakin meningkat serta antrean dapat berkurang secara signifikan.

Selain itu, diskon tarif untuk pengguna uang elektronik diharapkan dapat meningkatkan penetrasi pengguna uang elektronik yang hingga saat ini baru mencapai 28 persen dari keseluruhan transaksi di jalan tol milik Jasa Marga.

Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement