Pemerintah Bentuk Sekretariat Penanggung Jawab Reformasi Agraria

Miftah Ardhian
17 Mei 2017, 22:26
Sofyan Djalil
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil.

Pemerintah akan membentuk sekretariat dan penanggung jawab program reformasi agraria di masing-masing Kementerian. Hal ini diputuskan dalam rapat perdana (kick off meeting) reformasi agraria, hari ini.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah ingin memastikan reformasi agraria berjalan optimal. Karenanya, pemerintah akan membentuk sekretariat khusus yang mengontrol seluruh kegiatan terkait reformasi agraria di tiap-tiap kantor instansi yang terlibat. Di masing-masing sekretariat itu juga akan ada Project Management Office (PMO) yang bertanggung jawab.

Advertisement

Secara umum, Sofyan menjelaskan, reformasi agraria ini akan menyangkut dua aspek yakni sertifikasi dan redistribusi tanah. "Karena ini kan bukan pekerjaan kecil, ini menyangkut pekerjaan yang melibatkan banyak pihak," ujarnya usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (17/5).

(Baca juga:  Aturan Bank Tanah Akan Terbit Tiga Bulan Lagi)

Menurut Sofyan, yang akan memimpin tim reformasi agraria ini adalah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sedangkan, anggotanya terdiri dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang yang akan bertugas untuk menyelesaikan masalah percepatan sertifikasi dan masalah sertifikat untuk transmigrasi.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement