Arcandra Bantah Iklim Investasi Penyebab Blok Migas Tak Laku

Anggita Rezki Amelia
19 Mei 2017, 22:22
IPA 2017
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar saat meninjau stand pamer Total di IPA Convex 2017, Jakarta, Rabu (17/5).

Pemerintah membantah iklim investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia saat ini tidak menarik. Padahal, hanya satu blok yang laku dari 17 blok migas yang dilelang pemerintah tahun lalu.

Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, penyebab sepinya lelang blok migas adalah penurunan harga minyak dunia. "Saya tidak melihat iklim investasi (penyebab lelang sepi). Apa bedanya, malah pemerintah buka semua perubahan untuk investasi," kata dia saat pidato penutupan acara IPA Convex ke-41 di Jakarta, Jumat (19/5).

Advertisement

(Baca: Lelang Blok Migas Tak Laku Bukan Gara-Gara Harga Minyak Rendah)

Hal yang sama juga disampaikan Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Tunggal. Ia membantah lelang tahun ini diikuti oleh sedikit perusahaan. Klaimnya, ada beberapa perusahaan yang sudah mengakses dokumen penawaran. Tapi, ada beberapa perusahaan yang terlambat menyerahkan dokumen sehingga didiskualifikasi.

Selain itu, pemerintah berkomitmen mencari investor yang potensial dan memiliki kondisi keuangan yang baik. "Makanya kami seleksi," kata Tunggal.

Tunggal mengatakan, pemenang lelang tahun ini juga memberikan tawaran yang terbaik. Mereka menawarkan bonus tanda tangan lebih besar dari batas minimal pemerintah yakni sebesar US$ 500 ribu. (Baca: Aturan Baru, Bonus Tanda Tangan Blok Migas Dibayar di Awal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement