Revisi Perpres LRT Terbit, KAI Ditargetkan Cari Dana Mulai Awal Juni

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2017, 16:54
LRT Rute Cawang Cibubur
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Sejumlah kendaraan melaju di samping deretan tiang konstruksi proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Cawang-Cibubur yang sudah dipasang struktur "U-Shape Girder" di samping jalan tol Jagorawi kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (15

Kementerian Perhubungan menargetkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah mulai mencari pendanaan proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi awal bulan depan. Hal ini seiring dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 98 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan LRT Jabodebek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sore ini dirinya akan menggelar rapat dengan pihak Kereta Api Indonesia (KAI) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Rapat ini akan dibahas beberapa hal terkait persiapan KAI dalam penugasan proyek LRT, seperti desain dan syarat pembayaran.

Advertisement

"Feeling saya dua minggu lagi akan ada information memo dari KAI untuk mendapatkan dana," kata Budi ditemui usai suatu acara diskusi di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (19/5). (Baca: Danai Proyek LRT, Bank Mandiri Minta Bunga Pinjaman Setara SUN)

Dalam Perpres yang baru ini pemerintah memutuskan pembiayaan proyek LRT tidak lagi mengandalkan anggaran negara. Makanya sebagai operator, KAI ditugaskan mencari pembiayaan sendiri. Mekanisme pembiayaan korporasi seperti ini, kata Budi, dapat menjadi harapan baru dalam pembangunan infrastruktur rel di daerah.

Dalam Perpres yang baru ini, Menteri Perhubungan akan menetapkan desain atau spesifikasi teknis pembangunan LRT Jabodetabek. Menteri juga akan menandatangani perjanjian dengan KAI mengenai pelaksanaan dan penugasan dalam penyelenggaraan pengoperasian prasarana, perawatan prasarana, serta pengusahaan prasarana.

Budi merasa yakin KAI mampu mendapatkan pendanaan karena banyak lembaga keuangan yang siap mendanai proyek ini. Dalam pembicaraan dengan beberapa lembaga keuangan dalam dan luar negeri, mereka menyampaikan minatnya untuk mendanai pembangunannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement