Krakatau Steel dan Posco Bangun Klaster Baja Senilai Rp 53 Triliun

Image title
23 Mei 2017, 20:04
Krakatau Steel
Agung Samosir|KATADATA

PT Krakatau Steel Tbk dan perusahaan Korea Selatan, Posco tengah membangun klaster industri baja di Cilegon, Banten. Klaster dengan nilai investasi mencapai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 53,21 triliun ini bakal memproduksi 10 juta ton baja pada tahun 2025.

“Ini akan memberikan multiplier effect melalui penciptaan lapangan pekerjaan, pemenuhan bahan baku industri dalam negeri, dan memberikan manfaat kepada perekonomian nasional, khususnya Banten,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (23/5).

Advertisement

Ia mengatakan, pemerintah memang serius mengembangkan industri baja nasional. Hal ini ditunjukan dengan pemberian insentif berupa tax holidaytax allowance, dan pembebasan bea masuk untuk barang modal yang tercantum dalam masterlist.

(Baca juga: Pasca Peringkat S&P, Ekonom Ramal Efek Berantai Banjir Dana Asing)

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, Mas Wigrantoro Roes Setyadi mengatakan,  saat ini total kapasitas produksi Krakatau Steel dan PT Krakatau Posco telah mencapai 4,5 juta ton. Angka itu akan meningkat dengan beroperasinya pabrik baru yang berkapasitas 1,5 juta ton pada akhir tahun 2019. Artinya, hanya perlu menambah 4 juta ton untuk mencapai total target 10 juta ton dari klaster tersebut.

“Pendirian klaster 10 juta ton baja yang akan selesai di 2025, siap menggantikan 70-80 persen baja impor,” katanya.

Halaman:
Reporter: Muhammad Firman
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement