Tiga Provinsi Disiapkan Tampung Investasi Tiongkok Rp 372 Triliun

Ameidyo Daud Nasution
23 Mei 2017, 20:20
Jokowi di Tiongkok
ANTARA FOTO/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kiri) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri KTT One Belt One Road di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).

Pemerintah menyiapkan tiga Provinsi untuk menyambut investasi teranyar dari Tiongkok. Komitmen investasi tersebut didapat saat Presiden Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (OBOR) di Beijing, beberapa waktu lalu.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan tiga provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Kalimantan Utara, dengan Sulawesi Utara.

Advertisement

Secara geografis, Bambang beralasan tiga wilayah tersebut merupakan wilayah Indonesia yang dapat terhubung dengan Tiongkok melalui Laut Cina Selatan. "Terutama dari konsep belt-nya yang terhubung (dengan Tiongkok) dengan laut," kata Bambang dalam diskusi di kantornya, Jakarta, Selasa (23/5).

(Baca juga:  Lawatan ke Tiongkok, Jokowi Akan Tawarkan 5 Proyek Kereta)

Bambang mengatakan, untuk Sumatera Utara, pemerintah akan menawarkan investasi di kawasan wisata Danau Toba, Sei Mangkei, hingga Kuala Tanjung. Sedangkan untuk Sulawesi Utara, investasi yang difokuskan nantinya di wilayah Bitung serta kawasan wisata Pal Beach, Likupang.

"Khusus Kalimantan Utara akan beda karena kami fokuskan untuk energi serta perkebunan," katanya.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement