Saat Mudik, Empat Ruas Tol Trans Sumatera Bisa Gratis Dilalui

Safrezi Fitra
26 Mei 2017, 14:46
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya Seksi I, Selasa (17/1)

Pemerintah menyatakan beberapa ruas tol Trans Sumatera akan mulai difungsikan untuk mudik lebaran tahun ini. Masyarakat bisa menggunakan tol ini tanpa dikenakan biaya (gratis) selama musim mudik bulan depan.

Empat ruas tol tersebut adalah Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I ruas Palembang–Pemulutan sepanjang 12 kilometer (km) serta Tol Medan–Binjai Seksi 2 Helvetia–Semayang sepanjang 6,18 km dan Seksi 3 Semayang–Binjai sepanjang 4,28 km. Kemudian Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5,02 km. 

Untuk memastikan hal ini, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau progress pembangunan salah satu ruas tol tersebut, yakni Tol Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I  ruas Palembang–Pemulutan.

(Baca: Pemerintah Mulai Siapkan Pesawat, Kapal, Hingga Aplikasi Pemandu Mudik)

Dari beberapa ruas tol tersebut, pemerintah ingin mempercepat pembangunan beberapa tol diantaranya untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018. "Khusus untuk Tol Palindra, dengan panjang total 22 km, saat lebaran akan kami fungsikan sepanjang 12 Km dari Palembang. Pada November 2017 ditargetkan sudah beroperasi seluruhnya sampai ke Indralaya," ujar Basuki dalam keterangannya resminya, Jumat (26/5).

Masalahnya, pembangunan Tol Palindra membutuhkan teknik konstruksi khusus karena lahan pembangunannya didominasi oleh daerah rawa bergambut. Guna mempercepat proses pembangunan jalan tol tersebut, diterapkan teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM) untuk mengurangi kadar air dan kadar udara dalam tanah.

Dengan sistem pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu delapan bulan. Sementara jika menggunakan metode konvensional, yaitu system drainase vertical melalui Perforated Vertical Drain (PVD) yang memakan waktu satu tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...