Gerilyawan ISIS Disebut Pelaku Serangan Bom Kampung Melayu

Maria Yuniar Ardhiati
26 Mei 2017, 18:08
Ledakan Kp Melayu
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Personel Inafis dan Puslabfor Polri melakukan olah tempat kejadian perkara di lokasi ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (25/5) dini hari.

Negara Islam Irak-Syuriah atau Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang sekarang kerap disebut Islamic State (IS) dikabarkan menyatakan bertanggungjawab atas serangan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu malam lalu (24/5). Dua bom yang meledak ini menewaskan tiga polisi dan melukai 12 orang.

“Eksekutor serangan terhadap kumpulan polisi di Jakarta itu merupakan gerilyawan Negara Islam,” kata kantor berita kelompok tersebut, Amaq, seperti dilansir Reuters, Kamis (25/5). (Baca: Minta Kapolri Usut Bom Kampung Melayu, Jokowi: Ini Sudah Keterlaluan)

Kepolisian juga menyebut dua tersangka yang melakukan aksi bom bunuh diri di terminal bus Kampung Melayu paada Rabu malam (24/5) memiliki hubungan dengan ISIS. Juru bicara Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menyebut keduanya menggunakan bom berdaya ledak rendah.

Bom tersebut serupa dengan yang digunakan saat serangan di Bandung pada Februari lalu. Serangan ini pun berkaitan dengan ISIS.

Bom pertama di Kampung Melayu diledakkan di luar toilet umum. Sementara itu yang kedua, meledak di dekat terminal bus, yang berjarak 10 meter dari lokasi ledakan pertama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...