Masih Tunggu Sertifikasi, Proyek 9 Bendungan Belum Dilelang

Ameidyo Daud Nasution
26 Mei 2017, 16:55
Bendungan
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Hingga bulan ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih belum bisa melelang sembilan proyek bendungan baru. Padahal, sepanjang lima bulan pertama tahun lalu, kementerian telah berhasil melelang dan menandatangani kontrak satu proyek, yakni Bendungan Kuwil di Sulawesi Utara.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kenterian PUPR Imam Santoso mengatakan molornya jadwal lelang proyek bendungan tahun ini dikarenakan desain sembilan bendungan tersebut masih belum memiliki sertifikasi dari Komisi Keamanan Bendungan. Hingga kini komisi tersebut masih mengkaji desain yang telah disesuaikan dengan kondisi tanah di wilayahnya masing-masing.

"Saya bisa mengerti (sertifikasinya belum bisa selesai), karena kalau ada retak (pada konstruksi bendungan) malah bisa berbahaya," kata Imam saat pemaparan progres bendungan di kantornya, Jakarta, Jumat (26/5). (Baca: Pemerintah Tawarkan 4 Proyek Waduk Senilai Rp 4,5 Triliun ke Tiongkok)

Meski demikian Kementerian PUPR masih menargetkan tiga bendungan yakni Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan, Bendungan Sidan di Bali, serta Way Apu di Maluku dapat mulai proses lelang pada bulan depan. Kementarian akan terus berupaya mengejar target tersebut.

Sementara enam proyek bendungan lainnya akan mulai dilelang pada paruh kedua tahun ini. Enam bendungan tersebut adalah Bendungan Komering II (Sumatera Selatan), Baliem (Papua), Lausimeme (Sumatera Utara), Bener (Jawa Tengah), Temef (Nusa Tenggara Timur), dan Rukoh (Aceh).

Di luar proyek yang baru akan dilelang, Imam mengaku tahun ini akan ada tiga bendungan yang akan selesai pengerjaannya. Ketiganya adalah Bendungan Raknamo (Nusa Tenggara Timur), Bendungan Tanju (Nusa Tenggara Barat), serta Bendungan Marangkayu (Kalimantan Timur).

"Percepatan kami lakukan terutama pada Bendungan Raknamo sehingga September bisa selesai," kata Imam. Target penyelesaian Bendungan Raknamo ini 1,5 tahun lebih cepat dari yang diharapkan sebelumnya. Hingga saat ini progres fisik pengerjaan proyek Bendungan Raknamo sudah mencapai 92,6 persen. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...