Incar Dana Rp 7 Triliun, Waskita Jual Tol dan Saham Anak Usaha

Miftah Ardhian
29 Mei 2017, 15:59
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah berupaya memperkuat permodalan perusahaan agar lebih leluasa mencari pendanaan. Saat ini Waskita telah menyiapkan dua skema, yakni dengan menambah modal anak usaha dan menjual tol yang dimilikinya. 

Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan proses penerbitan saham baru atau rights issue anak usahanya yakni PT Waskita Toll Road. "Karena Waskita Toll Road memiliki 18 ruas jalan tol, otomatis profil 18 ruas jalan tol itu ditenderkan," ujar Choliq saat konferensi pers, di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (29/5).

Selain right issue anak usaha, Waskita Karya juga akan melepas beberapa ruas tol di Trans Jawa. Tol adalah Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Pasuruan-Probolinggo. Rencananya beberapa ruas tol ini ditawarkan dalam satu paket. (Baca: Jokowi Minta BUMN Sekuritisasi Aset untuk Biayai Proyek Infrastruktur)

Waskita menargetkan dengan dua skema ini perseroan bisa mendapatkan dana hingga Rp 7 triliun. Selain itu, rasio utang perseroan juga akan menurun dari anak usaha dan sebagian tol yang dijual. 

"Ini akan menurunkan kapasitas hutang Waskita Karya. Karena bukan hanya beli saham, tapi juga memindahkan utang Waskita ke investor yang akan beli tadi," ujarnya.

 Choliq juga meyakini aksi korporasi yang akan dilakukannya ini akan membuat kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pinjaman modal (leverage) bertambah Rp 20 triliun. Dengan begitu, tahun ini Waskita Karya akan bisa mendapat permodalan sebesar Rp 30 triliun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...