Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi 2017 Bisa Capai 5,3 Persen

Ameidyo Daud Nasution
30 Mei 2017, 21:20
Sri Mulyani
ARIEF KAMALUDIN I KATADATA

Menteri Keuangan Sri Mulyani merasa optimistis pertumbuhan ekonomi tahun ini bisa melebihi target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 yang dipatok sebesar 5,1 persen. Prediksinya pertumbuhan ekonomi tahun ini akan bisa mencapai 5,3 persen.

"Pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 5,3 persen meski tetap di antara 5,1 hingga 5,3 persen," kata Sri saat konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/5).

Advertisement

Dia mengatakan ada beberapa faktor yang melandasi keyakinan bahwa perekonomian tahun ini akan lebih baik dari perkiraan sebelumnya. Salah satunya perdagangan luar negeri, yakni kinerja ekspor dan impor diperkirakan akan lebih baik ketimbang tahun lalu. 

Faktor lainnya adalah pertumbuhan investasi yang diyakini lebih baik, seiring dengan optimisme perbankan dan korporasi. Tahun ini, target pertumbuhan kredit bank mencapai 10 hingga 12 persen. Di sisi lain, minat korporasi untuk melantai di bursa saham juga meningkat dan neraca keuangan korporasi membaik. (Baca: Pasca Peringkat S&P, Ekonom Ramal Efek Berantai Banjir Dana Asing)

Konsumsi rumah tangga terlihat akan tetap stabil, meski laju inflasi sedikit lebih tinggi ketimbang 2016. Kemudian belanja pemerintah yang lebih kuat tanpa adanya pemangkasan seperti yang terjadi tahun lalu, juga akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement