Tersulut Belanja Ramadan dan Bansos, Ekonomi Kuartal II Diramal Naik

Desy Setyowati
31 Mei 2017, 10:46
Belanja ritel
Arief Kamaludin | Katadata

Tim ekonom Bank Mandiri meramalkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,1 persen pada kuartal II 2017 atau menguat dibanding kuartal sebelumnya yang sebesar 5,01 persen. Penguatan tersebut seiring dengan meningkatnya konsumsi rumah tangga sepanjang Ramadan dan Idul Fitri.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Anton Hermanto Gunawan memperkirakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga bisa mencapai 5-5,4 persen pada kuartal II, atau meningkat dari kuartal sebelumnya yang sebesar 4,93 persen, dan periode sama tahun lalu yang sebesar 5,04 persen.  

"Kuartal II, taksiran saya (pertumbuhan konsumsi rumah tangga) sih bisa lima (persen) atau lebih, tapi enggak sampai 5,5 persen," kata dia di sela-sela acara buka bersama Bank Mandiri di kantornya, Jakarta, Selasa (31/5). 

Dia menyebutkan, ada dua faktor pendorong konsumsi rumah tangga pada kuartal II ini. Pertama, momentum Ramadan dan Idul Fitri yang tergabung di kuartal II, berbeda dengan tahun lalu yang terbagi antara kuartal II dan III. Kedua, mulai berdampaknya bantuan sosial (bansos) terhadap daya beli masyarakat berpendapatan rendah.

"Banyak program pemerintah itu yang sosial assistance (pendampingan sosial) menyentuh lapisan terbawah. Itu berdampak ke konsumsi rumah tangga," tutur dia. Meski begitu, ia mengakui, dampaknya terhadap pertumbuhan konsumsi rumah tangga nasional tidak terlalu signifikan. (Baca juga: Bank Dunia Kucurkan Pinjaman Rp 2,7 Triliun untuk Perluas Bansos)

Di sisi lain, dia melihat, daya beli dari kelompok masyarakat yang tidak terlalu miskin justru belum menunjukkan peningkatan. Hal itu terlihat dari penjualan ritel seperti Ramayana – yang segmentasinya kelas menengah ke bawah – hanya tumbuh 1,8 persen per Maret 2017. Bahkan, penjualan motor terkontraksi 15,9 persen, lebih dalam dibanding periode sama tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...