Lewat Portal Peta, Jonan Buka Data Energi dan Minerba ke Publik

Image title
31 Mei 2017, 16:17
Jonan ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan sistem peta terintegrasi yang disebut ESDM One Map. Lewat peta berupa portal ini masyarakat bisa mengakses berbagai data geospasial di sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia secara online.

Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, portal ini merupakan wujud dari kebijakan satu peta (one map policy) yang tertuang dalam Paket Kebijakan Ekonomi Tahap VII. Tujuannya menghindari tumpang tindih antarkawasan dan wilayah perizinan. 

Advertisement

(Baca: Perusahaan Migas dan Tambang yang Transparan Akan Dapat Insentif)

Portal ini memungkinkan keterbukaan informasi bagi para pemangku kepentingan, khususnya investor. Alhasil bisa meningkatkan kepercayaan investor. “Ini penting. Menurut saya informasi publik tidak boleh disembunyikan dengan alasan apapun juga,” kata Jonan saat peluncuran One Map di kantornya, Rabu (31/5).

Ada berbagai informasi yang disajikan, antara lain potensi geologi mulai dari mineral, batubara, panas bumi, bitumen padat dan gas metana dan batubara (Coal Bed Methane/CBM). Selain itu, data mengenai wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP), wilayah kerja migas, dan wilayah kerja panas bumi.

Ada juga data hulu migas seperti sumur, kilang, seismik 2D dan seismik 3D. One Map juga memuat data kawasan hutan, dan infrastruktur ketenagalistrikan antara lain pembangkit, gardu induk, jaringan transmisi dan jaringan distribusi.

One Map ini telah terhubung dengan Minerba One Map Indonesia (MOMI) yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara. Makanya, meski baru diluncurkan, portal ini sudah menyediakan data lebih dari 500 kabupaten kota dan 34 provinsi.

Dengan data yang tersedia itu, harapannya dapat memudahkan investor menyusun rencana investasi di sektor ESDM. Selain itu, masyarakat bisa mengakses secara bebas data yang ada. Bahkan, datanya akan terus diperbarui dan disinkronisasi dengan data dari SKK Migas dan Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement