Juli, Pemerintah Bagikan Lagi 16 Ribu Konventer Kit ke Nelayan

Arnold Sirait
2 Juni 2017, 18:47
Mogok Muara Baru
Arief Kamaludin|KATADATA
Ratusan kapal penangkap ikan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai menyiapkan pembagian konventer kit kepada nelayan yang memiliki mesin kapal di bawah 5 Gross Tonage (GT). Pembagian ini untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi serta taraf hidup masyarakat.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian ESDM Alimuddin Baso menyatakan, pembagian konventer kit dilakukan secara bertahap. Tahap awal, pemerintah akan membagikan 16 ribu konverter untuk berbagai daerah. “Dibagikan sekitar Juli atau Agustus,” kata dia seperti dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Migas, Jumat (2/5).

(Baca: Pemerintah Butuh Rp 643 Triliun Bangun Infrastruktur Gas)

Sepanjang tahun ini pemerintah akan membagikan sebanyak 30 ribu konventer kit kepada nelayan. Jumlahnya meningkat dari rencana awal yang sebanyak 24 ribu unit.

Peningkatan jumlah konventer ini karena ada tambahan dana dari efisiensi. “Belum tahu angka persisnya tapi tambahlah. Jadi sekitar 30 ribuan. Selain kami memanfaatkan dari anggaran, kami tambahkan (dananya) supaya lebih banyak nelayan yang mendapat manfaat,” ujar dia.

Pembagian paket konventer ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, yaitu sebanyak 5.400 paket. Pembagiannya tersebar antara lain di Cirebon, Cilacap, Tuban dan Karang Asem. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...