Target Lifting Minyak 2018 Stagnan Berkisar 771.000 – 815.000 Bph

Anggita Rezki Amelia
5 Juni 2017, 21:34
Migas
Katadata

Pemerintah mulai menghitung target pencapaian produksi siap jual (lifting) minyak dan gas bumi (migas) untuk tahun depan. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018, target lifting minyak berada pada kisaran 771 ribu sampai 815 ribu barel per hari (bph). Jumlahnya relatif sama dengan target tahun ini yang sebesar 815 ribu bph.

Meski begitu, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar optimistis lifting minyak di atas level 800 ribu bph. “Ada target 771 ribu bph, tapi boleh kan kami di Kementerian ESDM menargetkan lebih tinggi untuk memacu semangat,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (5/6).

(Baca: Lampaui Target, Lifting Minyak 2016 Cetak Rekor)

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian ESDM akan melakukan beberapa upaya. Pertama, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) harus mengarahkan kontraktor migas untuk mencapai target lifting-nya masing-masing. 

Kedua, mendorong penggunaan teknologi yang dapat meningkatkan produksi. Komitmen pemakaian teknologi ini akan dievaluasi oleh Kementerian ESDM setiap tiga bulan sekali. Tujuannya untuk mengetahui pencapaian yang dapat sudah dilakukan kontraktor.

Ketiga, mempermudah perizinan sektor hulu migas yang berkaitan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan perizinan di daerah. Menurut Arcandra, Kementerian LHK cukup kooperatif dalam bekerjasama untuk memudahkan izin bagi kontraktor migas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...