Jokowi Lantik Megawati dan Buya Syafii Jadi Pengarah Unit Pancasila

Ameidyo Daud Nasution
7 Juni 2017, 11:37
Megawati
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Presiden Joko Widodo telah menyusun dan melantik Ketua serta Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPPIP). Dewan pengarah unit kerja itu diisi sejumlah tokoh nasional dan pemuka agama, antara lain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputi dan mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif.

Dewan Pengarah UKPPIP itu terdiri atas sembilan orang. Selain Megawati dan Buya Syafii, ada mantan Wakil Presiden Try Soetrisno,Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mohammad Mahfud MD.

Advertisement

Ada pula, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj dan mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Andreas A. Yewangoe. Selain itu, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya, dan Chairman GarudaFood Sudhamek AWS.

Sedangkan mantan Wakil Rektor Universitas Paramadina Yudi Latif didapuk menjadi Ketua UKPPIP. Acara pelantikan Ketua dan Dewan Pengarah UKPPIP ini digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu pagi (7/6). 

Acara tersebut diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2017 sebagai payung hukum unit kerja ini, lalu dilanjutkan dengan pembacaan sumpah. "Bahwa saya dalam menjalankan tugas akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja sebaik-baiknya," kata Jokowi saat pembacaan sumpah dan diikuti Ketua dan Dewan Pengarah UKPPIP.

Halaman:
Editor: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement