Rosneft dan Aramco Diminta Serap Hasil Kilang Tuban dan Cilacap

Anggita Rezki Amelia
7 Juni 2017, 20:42
Kilang Minyak
KATADATA

PT Pertamina (Persero) mengajukan perubahan kontrak proyek kilang minyak di Tuban dan Cilacap kepada mitranya, yakni Rosneft dan Saudi Aramco. Perubahan kontrak ini mencakup klausul pembeli minyak hasil olahan kilang tersebut.

Direktur Mega Proyek dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, awalnya seluruh minyak hasil olahan kilang itu akan dibeli Pertamina. Namun, setelah dievaluasi, perusahaan pelat merah tersebut tidak mampu menyerap semua hasil produksi.

Advertisement

(Baca: Jadi Offtaker, Pertamina Minta Saham di Kilang Swasta)

Salah satu alasan Pertamina tidak bisa menyerap seluruh minyak dari kilang itu adalah pembukuan keuangan. Jika Pertamina menyerap penuh hasil serapan produk kilang, maka beban utang Rosneft dan Saudi Aramco sebagai mitra akan tercatat juga. Hal tersebut dinilai akan mengganggu arus kas perusahaan.

Alhasil, Pertamina akan menegosiasikan kembali dengan Rosneft dan Aramco untuk ikut menyerap hasil produksi kilang sesuai dengan porsi hak kepemilikan mereka masing-masing di kilang tersebut. "Kalau sesuai dengan sharing equity, maka sesuai share-nya saja yang dibukukan," kata Rachmad di Jakarta, Selasa (6/6).

Ia mengatakan keinginan berbagi pembelian minyak itu sudah disampaikan kepada Saudi Aramco dan Rosneft. Pertamina menyampaikan hal itu sebulan yang lalu kepada Aramco. Namun, hingga kini belum ada jawaban karena mereka masih berdiskusi dengan induk perusahaan di Arab.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement