JK Tegaskan Sikap Netral Indonesia dalam Konflik Qatar - Arab Saudi

Pingit Aria
8 Juni 2017, 11:53
Qatar
www.moi.gov.qa

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai pemutusan hubungan diplomatik negara-negara Timur Tengah dengan Qatar tidak berdampak signifikan bagi Indonesia. Ia juga menegaskan Indonesia tak akan berpihak dalam permasalahan yang menimpa negara-negara tersebut.

"Posisi indonesia tidak berpihak kepada salah satu pihak pada dewasa ini, karena belum mengetahui apa yang terjadi dan alasan sebenarnya," kata JK usai buka puasa di Hotel Mulia, Rabu (7/6).

Saat ini, menurut JK, Indonesia tetap berkomunikasi dan membahas permasalahan yang terjadi antar negara-negara di kawasan Teluk tersebut. Komunikasi ini khususnya dilakukan untuk menjamin seluruh warga negara Indonesia yang berada di Qatar  dan negara lain yang terlibat konflik.

"WNI (Warga Negara Indonesia) tenang aja. Saya kira masalah Qatar dengan Arab itu bisa diselesaikan dengan dialog," ujarnya.

(Baca juga: Krisis Negara Arab Tak Kacaukan Piala Dunia dan Ekspor Gas Qatar)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah melakukan komunikasi via telepon, antara lain dengan Menlu Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Turki dan Iran. Pembicaraan yang dilakukannya sebelum menuju Jakarta via Doha, Rabu (7/6) lalu itu guna membahas perkembangan di kawasan Timur Tengah terkait pemutusan hubungan sejumlah negara dengan Qatar.

“Saya membahas dengan para Menlu Timur Tengah mengenai perkembangan kawasan dan menyampaikan pandangan serta kesiapan Indonesia untuk berkontribusi,” kata Retno dalam keterangan tertulisnya.

Setelah mendapatkan pandangan para Menlu Timur Tengah mengenai situasi kawasan, dalam komunikasi tersebut Menlu Retno Marsudi menyampaikan keprihatinan Indonesia mengenai perkembangan situasi di kawasan.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...