Petronas Minat Jadi Mitra Pertamina Kelola 8 Blok Pakai Gross Split

Anggita Rezki Amelia
8 Juni 2017, 11:17
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petroliam Nasional Berhad (Petronas) berminat menjadi mitra PT Pertamina (Persero) di delapan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir kontraknya. Nantinya mereka akan menggunakan skema gross split dalam mengelola blok tersebut.

Deputi Pengendalian dan Pengadaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Djoko Siswanto mengatakan keinginan Petronas sudah disampaikan saat pameran yang digelar Indonesian Petroleum Association (IPA) Mei lalu. Minat ini disampaikan secara tak resmi kepada SKK Migas dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, sampai saat ini belum ada surat pengajuan resmi.

(Baca: Petronas Siapkan Rp 650 Miliar untuk Mengebor Dua Sumur di Blok Muriah)

Menurut Djoko ada beberapa hal yang membuat perusahaan asal Malaysia itu ingin menjadi mitra Pertamina. Pertama, blok tersebut merupakan blok migas yang sudah berproduksi. Jadi sudah ada hasilnya, dibandingkan blok eksplorasi yang belum tentu menghasilkan minyak atau gas bumi.

Sebelum menjadi mitra, Petronas masih harus membicarakan dengan Pertamina secara bisnis yang wajar. “Petronas sedang menghitung, jadi mereka minat untuk join dengan Pertamina mengelola blok dengan gross split,” kata Djoko di Jakarta, Rabu (7/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...