Mendag Klaim Harga Bahan Makanan Turun Menjelang Lebaran

Miftah Ardhian
14 Juni 2017, 14:47
Telur sembako
Arief Kamaludin | Katadata

Dua pekan menjelang lebaran tahun 2017, pemerintah mengklaim mayoritas harga bahan pangan turun. Dampaknya, hingga pertengahan bulan ini, indeks harga konsumen mengalami deflasi.

"Alhamdulillah sampai tanggal ini yang ada deflasi, harga-harga turun," ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai rapat pengendalian inflasi di Gedung Radius Prawiro BI, Jakarta, Rabu (14/6).

Enggar tidak menyebutkan secara pasti kontribusi deflasi harga makanan. Ia mencontohkan, harga bawang putih di Pasar Kramat Jati sudah turun hingga Rp 18.000 per kilogram. Meski, menurut Pusat Informasi Harga Pangan Nasional, harga bawang putih di tingkat nasional masih di kisaran Rp 47.450 per kilogram.

(Baca juga: Ikuti Jejak Malaysia, Gubernur BI Usul UU Pengendalian Harga Pangan)

Sebaliknya, Enggar menjelaskan, telur ayam dan daging ayam merupakan komoditas yang masih mengalami kenaikan harga. Menurutnya, harga kedua komoditas tersebut sempat megalami penurunan yang cukup signifikan.

"Kalau ayam (telur dan daging) tolong terima saja, karena kasihan peternak, mereka belum kembali ke harga normal,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...