Darmin Proyeksikan Inflasi Ramadan 2017 Terendah dalam 10 Tahun

Desy Setyowati
15 Juni 2017, 13:37
darmin
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan laju inflasi sepanjang Ramadan atau Juni tahun ini hanya 0,39 persen. Proyeksi ini menunjukan angka yang paling rendah sejak 2007 atau dalam satu dekade terakhir.

Berdasarkan data hasil survei oleh Bank Indonesia (BI) yang dia dapat, inflasi pada pekan pertama Juni sudah mencapai 0,5 persen. Namun, Darmin tidak yakin dengan hasil survei tersebut. “Kalau saya bilang, enggak (akan sampai 0,5 persen). Akan turun di bawah itu,” kata dia di sela-sela pembukaan Bazar Ramadhan di kantornya, Jakarta, Kamis (15/6).

Advertisement

(Baca: Mendag Klaim Harga Bahan Makanan Turun Menjelang Lebaran)

Alasannya, karena harga beberapa barang terutama yang bergejolak (volatile food) seperti cabai rawit, bawang putih, dan gula sudah menurun. Sementara ada yang mengalami kenaikan harga pada Ramadhan adalah daging dan telur ayam.

Menurutnya harga daging dan telur ayam Karena sebelumnya harga kedua komoditi pangan ini sempat jatuh. Jika berlanjut, justru peternak yang akan dirugikan. Oleh karena itu, pemerintah membiarkan harga komoditi naik sedikit.

 (Baca: Pemerintah Kaji Kenaikan BBM Setelah Lebaran)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement