Ekonom Ramal Asian Games Bantu Ekonomi 2018 Tumbuh 5,3%

Desy Setyowati
15 Juni 2017, 14:24
Asian Games
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Pengerjaan renovasi venue olahraga renang untuk Asian Games 2018 di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (4/3/2017)

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 tahun depan. Kepala Ekonom SKHA Consulting Eric Sugandi mengatakan perhelatan olahraga tersebut bisa turut menyokong perekonomian domestik meski tidak secara signifikan.

Eric menjelaskan konsumsi dalam negeri bisa meningkat lantaran banyak turis asing yang bakal menghadiri perhelatan tersebut. “Asian Games dampaknya positif terhadap pertumbuhan ekonomi 2018, tapi tidak lama,” kata dia kepada Katadata, Kamis (15/6).

Rencananya, Asian Games ke-18 bakal digelar di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Perhelatan itu bakal digelar pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Ini artinya perhelatan tersebut hanya akan berlangsung selama kurang dari satu bulan.

Ekonomi domestik juga seharusnya bisa tersokong oleh pembangunan sarana dan prasarana Asian Games. Namun, karena pembangunan telah dicicil sejak tahun lalu maka dampaknya pada ekonomi tahun depan kemungkinan tidak terlalu besar.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat memaparkan anggaran untu penyelenggaraan Asian Games bisa mencapai Rp 30 triliun. Anggaran tersebut untuk penyelenggaraan, pembangunan infrastruktur, dan sarana transportasi.

Selain Asian Games, perhelatan lain yang digadang-gadang bisa turut memacu ekonomi yaitu Annual Meeting International Monetary Fund (IMF)-World Bank di Bali tahun depan. Namun, seperti halnya Asian Games, dampak pertemuan IMF terhadap perekonomian hanya sesaat. Anggaran untuk penyelenggaraan pertemuan IMF diperkiraan pemerintah mencapai Rp 1 triliun. (Baca juga: Pemerintah Bidik Tiga Target dari Pertemuan IMF-World Bank 2018)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...