Pemerintah Susun Peta Jalan Pembangkit untuk Tingkatkan Produk Lokal

Miftah Ardhian
19 Juni 2017, 13:59
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah terus berupaya untuk memaksimalkan Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN), khususnya dalam pembangunan pembangkit listrik. Saat ini pemerintah akan membentuk tim guna menyusun peta jalan (roadmap) untuk memaksimalkan penggunaan kandungan lokal ini.

Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya telah diminta oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan untuk membentuk tim bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapat Teknologi (BPPT), Kementerian Perindustrian. Tim ini akan menyusun roadmap pengembangan industri dalam negeri menyediakan peralatan yang dibutuhkan untuk pembangkit listrik.

"Kami diminta Pak Luhut menyusun roadmap TKDN, peralatan apa yang bisa diproduksi di dalam negeri. Kemudian, tahapan supaya sampai ke situ bagaimana," ujar Nicke saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (19/6).

(Baca: Pemerintah Tingkatkan Kandungan Lokal di Proyek Pemerintah dan BUMN)

Menurutnya saat ini industri dalam negeri masih belum mampu memproduksi boiler dan turbin untuk pembangkit listrik. Padahal potensi pasar produk tersebut sangat besar. Sejauh ini, dalam pembangunan pembangkit listrik di Indonesia, terutama milik PLN, alat-alat tersebut kebanyakan masih diimpor dari berbagai negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...