Sopir Tangki Mogok, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Jelang Lebaran

Anggita Rezki Amelia
19 Juni 2017, 17:09
pertamina
Donang Wahyu|KATADATA
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak ke truk tangki di Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta.

PT Pertamina (Persero) menjamin aksi mogok yang dilakukan Awak Mobil Tangki (AMT) tidak akan mengganggu pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Lebaran. Alasannya, perusahaan pelat merah itu sudah menyiapkan satuan tugas (satgas) pengganti mereka.  

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Rudy Permana mengatakan satuan tugas itu melibatkan awak mobil tangki dari lima perusahaan lainnya. Kelima perusahaan itu yakni PT Garda Utama Nasional, PT Ceria Utama Abadi, PT Absolute Service, PT Prima Perkasa Mandiri, PT Ardina Prima, dan PT Cahaya Andika Tamara. (Baca: Pengusaha Dukung Harga BBM Naik Asal Daya Beli Masyarakat Terjaga)

Dengan keberadaan satgas ini, PT Pertamina Patra Niaga menjamin kelancaran distribusi BBM untuk masyarakat. “Khususnya di SPBU di daerah-daerah yang mendapat ancaman mogok nasional tersebut,” ujar dia berdasarkan siaran resminya yang diterima Katadata, Senin (19/6).

Menurut Rudy, AMT dari lima perusahaan itu akan disebar ke sejumlah titik di Indonesia. Beberapa di antaranya yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi.

Untuk Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Pertamina mengerahkan 1.203 orang. Jumlah ini lebih besar dari kebutuhan normal harian sebanyak 1.190 orang. Selain itu, ada tambahan dari sipil sebanyak 200 orang. Kemudian ada bantuan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Indonesia untuk membantu kelancaran. (Baca: Pertamina Rugi Rp 9,2 Triliun Jual Premium dan Solar Sejak Awal 2017)

Rudy mengatakan personel AMT dari lima perusahaan itu sudah terbukti karena dipilih melalui seleksi dan lolos dari persyaratan yang ada. Persyaratan pertama yakni tingkat kehadiran 100% selama masa evaluasi tiga bulan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...