Arus Mudik Padat, AP I Buka 24 Jam Empat Bandara di Jawa-Bali

Michael Reily
20 Juni 2017, 10:47
Mudik di Bandara Juanda
ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Sejumlah pemudik di Bandara Juanda, Surabaya, Senin (19/6). Angkasa Pura I memprediksi kepadatan selama arus mudik hingga balik Lebaran akan terjadi di bandara-bandara yang berada di Jawa dan Bali.

PT Angkasa Pura I (AP I) memprediksi jumlah penumpang pesawat di 13 bandara yang dikelolanya akan mencapai 7.156.055 selama arus mudik hingga balik Lebaran 2017. Jumlah tersebut naik 14,12 persen dibandingkan jumlah penumpang pada tahun lalu yakni 6.270.620 orang.

Kenaikan jumlah penumpang itu seiring adanya tambahan jumlah penerbangan. "Peningkatan jumlah penerbangan pesawat sebesar 11,49 persen dengan angka 53.262 pesawat dibanding tahun lalu sebanyak 47.771 pesawat," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Danang S Baskoro di kantornya, Senin, (19/6).

Peningkatan penumpang, menurut Danang, diprediksi akan terjadi di Jawa dan Bali. "Bandara-bandara yang dikelola AP I, khususnya yang 5 bandara besar yang akan mengalami pelonjakan, yaitu Semarang, Solo, Surabaya, Makassar, dan Bali," katanya Danang.

(Baca juga:  Tarif Angkutan Mudik Naik, BI Prediksi Puncak Inflasi Pada Juni)

Di antara bandara-bandara yang diprediksi bakal dipadati penumpang, akan ada empat yang beroperasi selama 24 jam yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Bandara Internasional Adi Sutjipto di Yogyakarta dan Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang. Sedangkan bandara lainnya juga siap untuk beroperasi 24 jam jika dibutuhkan.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...