ENI Kirim Kargo LNG Pertama dari Proyek Jangkrik

Anggita Rezki Amelia
22 Juni 2017, 16:31
FUP Jangkrik
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Suasana Kapal Floating Production Unit (FPU) Jangkrik di Saipem Karimun Yard, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Selasa (21/3). Kapal FPU Jangkrik merupakan fasilitas migas berbentuk kapal dirancang untuk pengolahan gas dengan kapasitas hingga 450 jut

Eni mulai mengirimkan kargo gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) pertama dari Lapangan Jangkrik, Blok Muara Bakau ke pasar domestik. Pengiriman kargo sebesar 22.500 meter kubik dari kilang LNG Bontang, Kalimantan Timur ke terminal regasifikasi di Tanjung Benoa, Bali menggunakan kapal Triputra.

Pengiriman kargo perdana ini merupakan bagian dari kontrak jangka panjang yang telah ditandatangani dengan PT Pertamina (Persero). Menurut Wakil Kepala SKK Migas Sukandar sebagian besar gas ini untuk pemenuhan kebutuhan pabrik pupuk dan kebutuhan dalam negeri, seperti listrik.

(Baca: Jonan Andalkan Proyek Jangkrik untuk Capai Target Lifting Migas 2018)

Terkirimnya gas tersebut memberi kepastian pengembalian modal serta keuntungan finansial bagi kontraktor. Apalagi pengembangan Lapangan Jangkrik terletak di lepas pantai dan berada di laut dalam memiliki tantangan tersendiri baik dari aspek teknologi, operasional, maupun finansial.

Selain itu, kargo pertama ini menjadi bukti pengembangan migas di Kalimantan Timur masih menarik. Harapannya, kontraktor dapat melaksanakan operasional dengan baik sekaligus mencoba mencari cadangan-cadangan baru di wilayah kerja lain di Indonesia.

Managing Director Eni Indonesia, Fabrizio Trilli mengatakan lifting (produksi siap jual) pertama kargo LNG ini salah satu pencapaian kunci proyek pengembangan Jangkrik. “Saya sangat bangga melihat hubungan yang kuat dan produktif dengan pemerintah, Pertamina dan mitra kerja joint venture kami di Proyek Jangkrik,” kata dia berdasarkan keterangan resminya, Kamis (22/6).

(Baca: Proyek Jangkrik Berproduksi Lebih Cepat dari Jadwal)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...