Harga Pangan Stabil Jelang Lebaran, Jokowi Puji 2 Menteri dan Kapolri

Ameidyo Daud Nasution
22 Juni 2017, 19:54
Jokowi kabinet
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
Sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, serta Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian. Ketiganya dianggap berhasil dalam menjaga harga pangan selama Ramadan hingga menjelang Lebaran tahun ini.

"Saya ingin memberikan apresiasi ke menteri terkait dengan pola yang sudah ada ini perlu dipertahankan dan disempurnakan lagi. Menteri Perdagangan, Pak Kapolri, Menteri Pertanian telah bekerja keras untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok," kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Merdeka Kamis (22/6).

Sidang kabinet khusus membahas dengan evaluasi harga-harga bahan pokok dan antisipasi mudik lebaran 2017. Jokowi cukup puas dengan kestabilan harga yang tercapai. "Bila kita liat, harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran tahun ini berada dalam posisi yang sangat baik, stabil," kata dia.

(Baca: Harga Pangan yang Tak Lagi Meroket Menjelang Lebaran)

Sementara itu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan selain kerjasama antar kementerian dan lembaga, penyebab terjaganya harga bahan kebutuhan pokok lantaran koordinasi yang baik antar pemerintah pusat dan daerah.

Enggartiasto mengatakan satuan tugas dari Polri, Kemendag, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten dan Kotamadya membuat tim khusus untuk memantau harga barang. Sehingga, saat dalam kondisi kritis, dapat segera bertindak. "Kemarin saat kritis pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu kami pastikan ada ketersediaan barang," katanya.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...