Alasan Jokowi ke Kafe Lokal di Tengah Seruan Boikot Starbucks

Pingit Aria
3 Juli 2017, 18:15
Jokowi Kopi
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Presiden Joko Widodo (kiri), Ibu Negara Iriana (ketiga kanan) dan dua anak Kaesang Pangarep (kanan) dan Kahiyang Ayu (kedua kanan) didampingi Pemilik Tuku Kopi Andanu Prasetyo (kedua kiri) berfoto bersama saat meminum kopi di Tuku Kopi, Jakarta, Minggu (2

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisi akhir pekan dengan acara ngopi bersama keluarga. Kafe yang dipilihnya adalah “Toko Kopi Tuku” di Jalan Cipete Raya, Blok B, Jakarta Selatan.

Jokowi pun mengabadikan kunjungan ini melalui sebuah vlog. Dalam video itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tampak kompak berkemeja putih. Sementara, Kahiyang mengenakan kemeja biru muda dan Kaesang mengenakan kaus hitam.

Advertisement

Di kafe milik Andanu Prasetyo itu, Jokowi memesan “Kopi Susu Tetangga” seharga Rp 18 ribu. “Saya sangat menghargai sekali keberanian anak-anak muda dalam membuka usaha, mengangkat brand lokal, brand nasional, yang tak kalah dengan brand-brand internasional,” tuturnya, Ahad (3/7).

(Baca juga: Janji Rekrut Pengungsi untuk Lawan Trump, Starbucks Terancam Boikot)

Video berdurasi 2 menit 9 detik unggahan Jokowi itu telah ditonton lebih dari 44 ribu pengguna Youtube dalam waktu 24 jam. Ada lebih dari 3 ribu pengguna menyukainya, sementara yang memberi nilai negatif hanya 25 akun.

Tak ada yang salah dengan upaya Presiden mempromosikan kafe lokal. Hanya, momennya hampir bersamaan dengan seruan boikot Starbucks. Apakah Jokowi sengaja?

“Tidak ada hubungan dengan boikot terhadap Starbucks,” kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di Binagraha, Jakarta, Senin (3/7).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement