Istana Gelar Lomba Masak Ikan, Pemenangnya Jadi Koki Jokowi

Michael Reily
4 Juli 2017, 12:07
Hut Jokowi
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Istana Kepresidenan menggelar Lomba Masak Ikan Nusantara untuk menyambut Hari Ulang Tahun Indonesia ke-72. Pemenang lomba akan mendapat kesempatan menjadi tukang masak atau koki untuk Presiden Joko Widodo selama satu hari saat perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2017.

Lomba ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan konsumsi protein dari ikan dan bagian dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  Konsumsi ikan saat ini masih jauh dari target  54 kilogram (kg) per kapita pada 2019. "Sekarang baru mencapai 41 kg per kapita, padahal 70 persen wilayah Indonesia adalah air," kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Senin (3/7).

(Baca: Susi Klaim Stok Ikan Terus Naik Sejak Pemerintahan Jokowi)

Perhelatan lomba diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pariwisata (Kemenpar), dan Kantor Staf Presiden (KSP). Selain itu melibatkan dewan juri dari Femina Grup.

Peserta Lomba Masak Ikan Nusantara cukup mendaftarkan resep ikan dan foto hasil masakannya mulai 3 Juli hingga 2 Agustus 2017 secara online. Selanjutnya dewan juri kemudian akan menghubungi peserta untuk mengikuti audisi. Untuk jalur offline, juri akan roadshow ke 11 daerah di antaranya Biak, Papua; Batam, Gorontalo, untuk mengaudisi dan bertemu langsung para calon koki Istana.

Teten Masduki menyatakan  minimnya konsumsi ikan yang menjadi alasan presiden selalu memberikan kuis ikan kepada anak-anak pada setiap kunjungan daerah.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...