Hutama Karya Akan Terbitkan Obligasi Rp 3,5 Triliun Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2017, 16:30
Tol Trans Sumatera
ANTARA FOTO/Ardiansyah
Jalan Tol Trans Sumatera Seksi II Ruas Sidomulyo-Kota Baru di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan, Lampung, Minggu (16/4).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Hutama Karya (Persero) berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp 3,5 triliun pada semester kedua tahun ini. Aksi korporasi ini bagian dari penawaran obligasi berkelanjutan sebesar Rp 6,5 triliun untuk pendanaan pembangunan proyek tol Trans Sumatera.

Perseroan telah memilih penjamin emisi atau underwriter untuk membantu penerbitan obligasi. "Kami fokus untuk (penerbitan) obligasi sebesar Rp 3,5 triliun semester II ini," kata Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra ditemui di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat (7/7).

Apabila obligasi dapat diterbitkan, Ngurah yakin pembangunan tol Trans Sumatera dapat dilakukan hingga akhir tahun. Dia juga menjelaskan dalam waktu dekat ini akan segera bertemu dengan Kementerian Keuangan untuk membahas skema pembiayaan alternatif lain untuk pembangunan tol ini. "Jadi kami akan cari skema pembiayaan yang bisa digunakan," kata Ngurah.

Penerbitan obligasi Rp3,5 triliun ini merupakan sisa dari penawaran obligasi berkelanjutan dengan total nilai Rp 6,5 triliun. Sebelumnya, perseroan telah menerbitkan obligasi hampir Rp 3 triliun untuk tahap pertama dan kedua. Tahap pertama diterbitkan Rp 1 triliun pada Desember 2016. 

(Baca: Hutama Karya Bidik Rp 4 Triliun dari Sekuritisasi Aset Tol Priok)

Sementara obligasi tahap dua diterbitkan pada akhir Mei lalu senilai Rp1,968 triliun. Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, obligasi berjangka waktu 10 tahun dengan tingkat bunga tetap 8,07 persen per tahun. Obligasi berkelanjutan untuk pembiayaan jalan tol Trans Sumatera ini mendapat jaminan dari pemerintah.  

Ngurah mengatakan total kebutuhan dana pembangunan tol Trans Sumatera berjumlah Rp 54 triliun. Perseroan mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk membangun jalan tol Trans Sumatera, termasuk mencari pendanaan, pelaksanaan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...