Investasi Asing dan Pembiayaan Baru Bisa Topang Ekonomi Tumbuh 7%

Miftah Ardhian
17 Juli 2017, 18:15
Pertumbuhan EkonomI
Arief Kamaludin|KATADATA

Ekonom PT CIMB Niaga Tbk menilai perekonomian Indonesia pada semester-I 2017 menunjukkan perbaikan jika dibandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya. Namun, secara jangka panjang, pemerintah dinilai perlu menjalankan sedikitnya tiga langkah agar ekonomi semakin kuat hingga dapat tumbuh 7%. 

Chief Economist CIMB Niaga Adrian Panggabean menjelaskan, data sepanjang paruh pertama tahun ini menunjukkan bahwa secara fundamental ekonomi Indonesia dalam kondisi cukup baik.

Advertisement

"Kami optimis pertumbuhan PDB sepanjang tahun 2017 bisa mencapai 5,1%," ujar Adrian saat acara diskusi dengan media, di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (17/7). (Baca juga:  Jumlah Penduduk Miskin Bertambah Karena Lambatnya Distribusi Rastra)

Ia menyebut, perbaikan di pasar tenaga kerja dan pasar barang sebagai komponen yang saling mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada paru pertama 2017. Jumlah pengangguran turun ke angka sekitar 5% dinilainya berperan mengatrol belanja masyarakat.

Selain itu, perbaikan juga terlihat di sektor keuangan dengan turunnya indeks risiko yang membuat arus masuk modal lebih tinggi dibandingkan dengan 2016. Kondisi tersebut juga didukung oleh pergerakan rupiah yang cenderung stabil di tengah fluktuasi pasar aset global.

Secara year-to-date, rupiah terapresiasi sekitar 0,8% dibandingkan dengan tahun lalu. Adapun di sektor rill, surplus pada neraca perdagangan menunjukan hasil yang lebih tinggi dari ekspektasi pasar pada awal tahun.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement