Istana Sebut Reshuffle Tak Tergantung Pernyataan Partai Pendukung

Ameidyo Daud Nasution
17 Juli 2017, 16:20
Jokowi
Antara

Pihak Istana Kepresidenan kembali menegaskan perombakan kabinet (reshuffle) merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Juru Bicara Presiden Johan Budi mengatakan keputusan perombakan kabinet tidak ditentukan dari beragam pernyataan partai politik yang mendukung pemerintah.

Johan mengatakan hanya Jokowi maupun Wakil Presiden Jusuf Kalla yang mengetahui dan memiliki kewenangan penuh dalam merombak kabinet. Dia menegaskan perombakan kabinet tidak bergantung pada komentar dari partai politik yang berkoalisi mendukung pemerintah atau pun sebaliknya.

Advertisement

"Tidak tergantung dari sejauh mana ramainya rumor atau sejauh mana komentarnya partai-partai pendukung atau partai-partai yang tidak mendukung. Jadi tidak tergantung dari pernyataan-pernyataan dari koalisi pendukung," kata Johan kepada wartawan, Senin (17/7).

Johan mengingatkan beredarnya rumor reshuffle terkadang meleset. "Pernah ada ramai soal rumor reshuffle kabinet kemudian tidak berakhir pada reshuffle kabinet," kata Johan.

(Baca: Sinyal Reshuffle Menguat, PDIP "Incar" Kursi Menteri BUMN)

Johan mengatakan Presiden Jokowi memiliki ukuran tertentu dalam memantau kinerja para menteri. Dia menyebutkan ukuran tersebut bisa didapat dari pantauan Presiden di lapangan hingga laporan kinerja yang didapat Jokowi. Ini untuk mengetahui sejauh apa kemajuan bidang yang ditangani para Menteri.

"Tentu Presiden punya ukuran yang didapat," katanya.

Menghadapi isu reshuffle, kata Johan, Jokowi sudah menegaskan tak akan ada perombakan kabinet pada pekan lalu. Untuk saat ini, Johan tak memberikan kepastian. "Kalau pekan ini kita tunggu sampai pekan ini. Kalau pekan ini habis, pekan depan," kata Johan sembari berguyon.

Presiden Jokowi dikabarkan mengumumkan perombakan kabinet dalam waktu dekat ini. Perombakan kabinet yang ketiga kalinya ini akan menyasar setidaknya 9-10 kursi menteri dari berbagai sektor.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Jokowi telah merampungkan proses perombakan kabinet pada awal pekan lalu. Pembahasannya melibatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla sejak bulan puasa dan sejumlah ketua partai politik pendukung pemerintah pada masa libur lebaran akhir Juni lalu.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement