Istana Pastikan Nelayan Cantrang Boleh Melaut Hingga Akhir Tahun

Michael Reily
18 Juli 2017, 19:25
Nelayan Tuna
Donang Wahyu|KATADATA
Seorang nelayan berdiri dekat perahu miliknya saat hendak pergi melaut.

Nelayan pengguna cantrang diizinkan kembali melaut hingga akhir tahun ini. Hal tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah beberapa kelompok nelayan di Tegal menolak larangan cantrang.

"Hasil dari pembicaraan, menyampaikan sesuai dari arahan presiden bahwa cantrang boleh beroperasi sampai akhir 2017," kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja kepada wartawan di kantornya, Selasa (18/7).

Ia menjelaskan, pada Sabtu (15/7) lalu, sekelompok nelayan menyegel kantor wilayah kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Tegal. Penyegelan ini disinyalir merupakan buntut dari kekecewaan nelayan atas aksi unjuk rasa yang dilakukan di Jakarta, Selasa (11/7) lalu. (Baca juga: KKP Mulai Sosialisasikan Larangan Pocongan Penangkap Benih Lobster)

Namun, menurut Sjarief, situasi telah kembali terkendali setelah dirinya bersama Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki bertemu para nelayan tersebut dan mensosialisasikan bahaya cantrang bagi ekosistem kelautan.

Di Tegal, Sjarief  juga mengingatkan para nelayan bahwa meski diperbolehkan melaut dengan cantrang hingga akhir tahun, mereka tetap harus mengurus Sertifikat Laik Operasi (SLO). Ia menjanjikan penerbitan sertifikat itu akan dilakukan dengan cepat, asalkan syaratnya terpenuhi.

Bahkan, pemerintah pusat akan meninggalkan tim di Tegal untuk membuka gerai perizinan khusus untuk penyelesaian SLO. Kementerian Perhubungan juga membantu mengirim tim percepetan penyelesaian dokumen pendaftaran kapal. (Baca juga: Menteri Susi Tak Peduli Unjuk Rasa Nelayan Desak Dirinya Mundur)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...