Ekspor Membaik, ADB Kerek Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Asia Jadi 5,9%

Desy Setyowati
20 Juli 2017, 12:39
Pelabuhan ekspor
Katadata

Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan Asia dari 5,7% menjadi 5,9% tahun ini. Daya dorong utama pertumbuhan ekonomi Asia yaitu ekspor yang meningkat seiring dengan membaiknya ekonomi negara maju.

"Asia yang sedang berkembang (emerging market) mengawali tahun ini dengan baik. Peningkatan ekspor mendorong prospek pertumbuhan," kata Ekonom Kepala ADB Yasuyuki Sawada dalam keterangan pers yang diterima Katadata, Kamis (20/7). Selain itu, pertumbuhan juga disokong kuatnya konsumsi domestik.

Advertisement

Yasuyuki memaparkan, Asia Timur kemungkinan bisa tumbuh 6% tahun ini atau meningkat dari proyeksi semula yang sebesar 5,8%. Ekonomi Tiongkok diperkirakan tumbuh 6,7% pada 2017 dan 6,4% pada 2018. Pertumbuhan ekonomi negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut disokong oleh ekspor dan konsumsi domestik.

Proyeksi untuk pertumbuhan ekonomi Asia Tengah juga membaik dari semula 3,1% menjadi 3,2%. Hal itu juga seiring dengan menguatnya permintaan domestik dan ekspor dari kawasan ini.

Sementara itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara tetap sebesar 4,8% pada 2017. Permintaan domestik yang kuat — terutama pengeluaran rumah tangga dan investasi — akan terus menopang pertumbuhan, sebagaimana yang terjadi di Malaysia, Filipina, dan Singapura. Namun, pertumbuhan ekonomi di kawasan ini kemungkinan bakal tertahan oleh ekonomi Brunei Darussalam yang di bawah ekspektasi. (Baca juga: BI Ramal Ekspor Membaik, Ekonomi Semester II Bisa Tumbuh 5,3%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement