Temui Kalla, Pengusaha Otomotif Bahas Mobil Listrik dan Euro 4

Ameidyo Daud Nasution
22 Juli 2017, 10:00
Yohannes Nangoi
Website Isuzu
Ketua Umum GAIKINDO Johannes Nangoi

Kalangan industri otomotif yang tergabung dalam Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Pertemuan tersebut membahas beberapa hal, diantaranya terkait kebijakan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) standar Euro 4 dan pengembangan mobil listrik nasional.

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan kalangan industri meminta Pemerintah menyiapkan sejumlah sarana dan regulasi pendukung dalam pengembangan mobil listrik. Hal ini diperlukan agar memudahkan masyarakat yang membeli mobil listrik.

Advertisement

"Salah satu contohnya adalah charger-nya (tempat isi ulang listrik) yang harus ada di mana-mana, seperti mall," kata Jongkie usai bertemu Kalla di Kantor Wakil Presiden, di Jakarta, Jumat (21/7). (Baca: Jamin Pasokan, PLN Siap Bangun SPBU untuk Mobil Listrik)

Dalam hal regulasi, dia menyoroti soal pengenaan pajak bagi mobil listrik. Karena pajak untuk mobil ini tidak didasarkan pada perhitungan kapasitas mesin seperti yang dikenakan pada kendaraan roda empat dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Soal Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) ini belum ada aturannya.

Jongkie mengaku Wakil Presiden menyambut baik masukan dari Gaikindo ini. Bahkan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menawarkan Gaikindo untuk berdiskusi lebih lanjut dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

(Baca: Luhut Minta BPPT Kembangkan Proyek Mobil Listrik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement