Penjualan Ritel Lemah, Laba Emiten Fashion Justru Diramal Melonjak

Desy Setyowati
26 Juli 2017, 18:48
Indonesian Fashion Week 2014
Donang Wahyu | KATADATA

Di tengah melemahnya pertumbuhan penjualan ritel nasional, sejumlah emiten ritel di bidang fashion dan mebel justru diproyeksi mampu mencetak laba yang tinggi pada kuartal II lalu. Emiten yang dimaksud, di antaranya PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES).   

Dalam laporannya, Tim Riset Mandiri Sekuritas Laura Taslim dan Adrian Joezer mencatat kemampuan sejumlah emiten fashion untuk mencetak laba membaik. Hal itu tercermin dari EBIT (earning before interest-tax) margin yang meningkat pada kuartal II lalu. EBIT margin mengukur persentase laba sebelum pajak dan bunga terhadap total pendapatan.

Advertisement

Emiten yang dimaksud yakni PT. Mitra Adiperkasa (MAPI), PT. Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS), dan PT. Matahari Departemen Store Tbk. (LPPF). EBIT margin MAPI, misalnya, diproyeksi bakal naik sebesar 7% secara tahunan, sedikit lebih baik dibanding tahun lalu yang tumbuh 6,1%. Maka itu, saham MAPI menjadi salah satu yang direkomendasikan kepada investor.

Tim riset Mandiri Sekuritas memperkirakan laba bersih MAPI mencapai Rp 152 miliar sepanjang semester I tahun ini atau tumbuh lebih dari 200% dibanding periode sama tahun lalu. Angka proyeksi ini mencapai 41% dari target perusahaan. “Proyeksi laba ini lebih tinggi dibanding kinerja (MAPI) saat Lebaran tahun-tahun sebelumnya,” demikian tertulis.

MAPI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan eceran, toko swalayan (department store) restoran dan kafe serta toko buku. Di bidang fesyen, MAPI memegang izin distribusi sejumlah merek terkenal seperti Marks & Spencer, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, Bershka, Adidas, Speedo, dan Airwalk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement