BKPM Sebut Australia Berminat Investasi di Labuan Bajo

Miftah Ardhian
31 Juli 2017, 17:25
Edsus Pariwisata_Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah wisatawan berfoto di objek wisata Bukit Cinta, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/4). Bukit Cinta merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan matahari tenggelam (sunset).

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan investor Australia berminat untuk mengembangkan investasinya di Indonesia. Kali ini, kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi tujuan investasinya, mulai pengembangan wisata hingga pembangunan infrastruktur pendukungnya.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Himawan Hariyoga mengatakan Labuan Bajo merupakan salah satu kawasan wisata prioritas yang akan dikembangkan oleh pemerintah. Untuk itu, telah disiapkan tim dari BKPM, Kementerian Pariwisata, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk membuat rencana induk (masterplan) pengembangan kawasan tersebut.

Sejauh ini, pemerintah telah melaksanakan roadshow ke Australia untuk menawarkan investasi di kawasan Labuan Bajo. "Australia dalam konteks ini siap mendukung, dari mulai masterplaning-nya sampai investasinya," ujar Himawan saat ditemui di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (31/7).

(Baca: Jokowi Tagih Realisasi Kerja Sama Rp 26 Triliun dari Qatar dan Arab)

Meski begitu, dia belum bisa memastikan apa saja investasi yang akan direalisasikan Australia. Yang jelas, tim dari pemerintah akan mempersiapkan pemetaan apa saja potensi investasi yang bisa digali di kawasan Labuan Bajo. Himawan memastikan, potensi investasi di kawasan tersebut bukan hanya untuk mengembangkan industri pariwisatanya saja seperti pembangunan hotel, resort, dan sebagainya. 

"Ada pula dari mulai yang kecil-kecil misalnya pengolahan air limbah, water supply, sampai yang besar seperti pengembangan pelabuhan dan bandara. Itu akan dipasarkan juga. Jadi, tidak menutup kemungkinan negara lain juga akan ikut (berinvestasi)," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...