Aturan Harga Eceran Ditunda, Pasokan Beras Kembali Lancar

Michael Reily
1 Agustus 2017, 19:42
Beras
Agung Samosir|KATADATA

Pemerintah telah menyatakan akan mengkaji ulang aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras oleh Tim Kebijakan Perberasan di Kementerian Perdagangan. Penundaan ketentuan harga beras ini ternyata membuat pasokan beras di pasar kembali lancar.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengungkapkan saat ini distribusi beras ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, sudah tidak lagi terhambat menjelang akhir pekan lalu. "Sejak hari Jumat setelah konferensi pers Menteri Perdagangan, (pasokan beras) langsung normal," kata Arief saat dihubungi Katadata, Jakarta, Selasa (1/8).

(Baca: Mendag Kaji Ulang Aturan Harga Eceran Tertinggi Beras)

Menurut laporan yang diterimanya, beras yang masuk Pasar Induk Beras Cipinang pada Senin (31/7) mencapai 4.409 ton, naik bingga 162 persen dibandingkan hari sebelumnya. Sampai pukul 07.00 WIB pagi hari ini, sebanyak 249 kendaraan masuk ke Pasar Induk Beras Cipinang, yang memassok 2.609 ton beras. 

Sebelumnya, jumlah pasokan beras yang masuk ke Pasar Induk Beras Cipinang turun hingga mencapai sekitar 1.800 ton per hari. Arief menjelaskan pemicunya adalah isu aturan HET beras yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 9.000 ribu per kilogram, berkembang di masyarakat.

Saat mengunjungi Pasar Beras Induk Cipinang pekan lalu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan pembentukan Tim Kebijakan Perberasan yang akan mengkaji HET dan mengklasifikasi jenis beras. Hal inilah kemudian yang membuat para pedagang beras kembali berdagang seperti biasanya.

(Baca: Pedagang Kurangi Pasokan Beras, Kemendag: Aturan HET Belum Berlaku)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...