BPJS Ketenagakerjaan Ambil Alih Asuransi TKI, Iuran Jadi Lebih Murah

Pingit Aria
1 Agustus 2017, 19:56
TKI KBRI Malaysia
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Loket-loket pelayanan keimigrasian di KBRI Kuala Lumpur.

Mulai hari ini (1/8), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan resmi mengambil alih asuransi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).  Sebelumnya, sejak 2014 lalu, asuransi TKI diurus oleh konsorsium yakni Konsorsium Asuransi Jasindo, Astindo, dan Mitra TKI. 

“Saya percaya pada kemampuan BPJS Ketenagakerjaan untuk menangani perlindungan terhadap TKI,” kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam peluncuran transformasi perlindungan TKI di Tulungagung melalui siaran persnya, Ahad (30/7) lalu.

Dengan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan, TKI akan mendapatkan perlindungan tiga program lainnya, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang bersifat wajib, dan Jaminan Hari Tua (JHT) yang bersifat pilihan.

(Baca juga:  BNI Akan Buka Kantor Cabang Penuh di Myanmar dan Australia)

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, untuk menjadi anggota, setiap calon TKI wajib membayar iuran sebesar Rp 370 ribu yang berlaku selama masa kontrak di luar negeri.

“Jaminan kecelakaan dan kematian akan ditanggung selama berada di luar negeri hingga kembali ke Indonesia,” ujarnya.

Ada manfaat lain yang bisa didapat TKI dari keanggotaan ini. Selain ahli warisnya mendapat santunan sebesar Rp 85 juta, anak TKI yang meninggal dunia di luar negeri juga berhak mendapat beasiswa hingga sarjana. Sementara TKI yang mengalami cacat akibat kecelakaan bisa mendapat santunan hingga Rp 100 juta.

"Kami juga memberikan perlindungan atas risiko hilang akal budi yang dikategorikan sebagai kasus kecelakaan kerja jika terjadi saat TKI bekerja di luar negeri," kata Agus.

(Baca juga: Demi TKI, Pemerintah Desak Malaysia Evaluasi Program Pemutihan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...