Kemendag Targetkan Ekspor ke Afrika Selatan Rp 10 Triliun

Michael Reily
1 Agustus 2017, 11:08
Enggartiasto Lukita
ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Kementerian Perdagangan menargetkan ekspor nonmigas ke Afrika Selatan (Afsel) meningkat sebesar 5,6 persen. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan misi dagang ke Afrika pekan lalu dalam upaya diversifikasi produk dan pasar ekspor global.

"Indonesia menargetkan ekspor meningkat mencapai US$ 806,4 juta (sekitar Rp 10 triliun) ke Afsel," kata Enggar saat konferensi pers di Jakarta, Senin (31/7).

Advertisement

Dia mengaku telah mendatangi Joint Trade Comittee kedua negara untuk membahas upaya peningkatan hubungan kerja sama bilateral di bidang ekonomi dan perdagangan. Pada kesempatan itu, kedua negara sepakat menandatangani Joint Working Report untuk menyelesaikan isu hambatan dagang dan melakukan promosi dagang dan investasi secara intensif.

(Baca: Pemerintah Bawa 21 Perusahaan Berpromosi ke Afrika)

Enggar juga meminta potensi ekspor Indonesia ke Afrika Selatan ditingkatkan. Selama ini terdapat lima produk unggulan Indonesia yang diekspor ke negara tersebut. Produk ini adalah minyak kelapa sawit mentah dan turunannya, perhiasan, otomotif, produk kimia, serta alas kaki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement