Ambil Untung, Investor Asing Jual Saham Rp 12 Triliun dalam 3 Bulan

Miftah Ardhian
4 Agustus 2017, 17:46
Bursa saham
Arief Kamaludin|KATADATA
Bursa saham

Arus keluar dana asing dari bursa saham domestik terus berlanjut. Mengacu pada data RTI, Sepanjang tiga bulan terakhir, investor asing membukukan penjualan bersih (net foreign sell)  sebesar Rp 12,21 triliun di keseluruhan pasar.

Analis Bina Artha Sekuritas Reza Priyambada menyebut investor asing melepas sahamnya dalam rangka ambil untung alias profit taking. Sebab, para investor, khususnya asing telah memborong saham sejak awal tahun sehingga harganya naik. Alhasil, investor telah mendapatkan keuntungan yang cukup.

"(Dana asing) sudah masuk dari awal tahun dan sampai pertengahan (tahun) ini sudah menghasilkan gain (keuntungan), masa pelaku pasar tidak mau profit taking," ujar Reza saat dihubungi Katadata, Jakarta, Jumat (4/8). Terlebih, tidak ada lagi sentimen positif yang ditunggu untuk bisa menaikkan harga saham secara signifikan.

Di sisi lain, menurut Reza, investor asing juga melepas saham lantaran beralih ke instrumen investasi lainnya, salah satunya Surat Utang Negara (SUN). Alasannya, imbal hasil SUN cukup menarik yakni sekitar 7,5%. 

Meski begitu, Reza meyakini, investor bakal kembali menanamkan dananya di bursa saham akhir tahun ini. Ia pun optimistis, rencana kenaikan bunga dana Bank Sentral Amerika Serikat (AS) tak akan menghambat langkah investor tersebut. Sebab, suku bunga di Indonesia masih jauh lebih tinggi dibanding di AS. (Baca juga: Ekonomi Stabil, Asosiasi Analis Optimistis IHSG Tahun Ini Tembus 6.000)

Di sisi lain, Analis Semesta Indovest Aditya Perdana Putra mengatakan, arus keluar dana asing dari bursa saham bisa disebabkan oleh faktor dalam negeri dan luar negeri. Adapun faktor dalam negeri di antaranya terkait kondisi politik, masalah utang pemerintah, dan faktor konsumen yang menjadi patokan bisnis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...