Peralihan Blok Mahakam Penyebab Kinerja Keuangan Elnusa Melorot

Miftah Ardhian
4 Agustus 2017, 17:17
Elnusa.jpg
KATADATA/

PT Elnusa Tbk mencatatkan kinerja yang kurang baik pada semester I-2017 ini. Perolehan laba bersih perusahaan pada periode tersebut hanya Rp 14 miliar, anjlok hingga 90% dibandingkan semester I-2016 sebesar Rp 145 miliar. Kegiatan operasi di hulu minyak dan gas bumi (migas) yang menurun menjadi faktor utama penyebabnya, terutama di Blok Mahakam.

Sekretaris Perusahaan Elnusa Fajriyah Usman menjelaskan tergerusnya laba dibsebabkan anjloknya pendapatan dari sektor bisnis Drilling & Oilfield Services (DOS). Penyebabnya adalah berkurangnya kegiatan operasi di 3 wilayah kerja migas yang merupakan kontributor utama pendapatan Elnusa.

"Jadi, terdapat 3 blok (migas) yang mempengaruhi (pendapatan), yaitu Blok Mahakam, Blok Sanga-Sanga, dan Blok yang dimiliki Chevron (Attaka & East Kal)," ujar Fajriyah saat dihubungi oleh Katadata, Jakarta, Jumat (4/8). (Baca: Apexindo Gaet Kontrak Baru Pengeboran Blok Mahakam dari Total)

Tercatat, pendapatan Elnusa dari sektor DOS pada semester I-2017 ini hanya sebesar Rp 551 miliar. Angka ini turun jika dibandingkan pendapatan semester I-2016 yang sebesar Rp 617 miliar. Akibatnya, laba kotor yang diterima pada semester I-2017 pun anjlok menjadi Rp 37 miliar. Padahal, semester I-2016 laba kotor dari DOS ini masih mencapai Rp 133 miliar.

Fajriyah mengatakan penurunan pendapatan ini utamanya disumbang oleh penurunan kegiatan operasional di Blok Mahakam. Operasi di wilayah tersebut menyumbang porsi pendapatan sebesar 45%-65% atau sekitar US$ 40-65 juta dari pendapatan bisnis DOS Elnusa setiap tahun. 

Dalam 3 tahun terakhir, operasi kontribusi pendapatan dari operasi di Kalimantan Timur menurun sekitar US$ 38 juta. Operator Blok Mahakam, yakni Total EP Indonesie menurunkan aktifitasnya menjelang peralihan hak kelola blok migas tersebut kepada PT Pertamina (Persero). Fajriyah berharap kedepannya Pertamina bisa menormalisasikan operasional Blok Mahakam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...