BTN Sediakan Rp 700 M untuk Akuisisi dan Bentuk Empat Anak Usaha

Miftah Ardhian
8 Agustus 2017, 19:35
btn-bank-tabungan-negara.jpg

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berencana mengembangkan bisnisnya secara anorganik. Upaya itu dilakukan dengan menyediakan dana hingga Rp 700 miliar untuk memiliki dan membentuk empat anak usaha baru melalui skema Joint Venture (JV) maupun akuisisi.

Direktur Finance & Treasury Bank BTN Imam Nugroho Soeko menjelaskan, pembentukan empat anak usaha ini dapat ditempuh dengan berbagai cara. Misalnya, membentuk anak usaha yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan asuransi umum, serta mengakuisisi Danareksa Finance sekaligus Danareksa Investment Management.

"Jadi yang empat ini masih on track, tapi semua berkaitan dengan pihak lain, sehingga perlu waktu (negosiasi)," ujar Iman saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (8/8).

(Baca juga:  Enam Bulan Untung Rp 13,4 T, BRI Pimpin Perolehan Laba Perbankan)

Hanya, diakuinya bahwa tahun ini kemungkinan hanya akan ada dua anak usaha yang terbentuk. Di antaranya adalah pembentukan asuransi jiwa bersama PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Iman mengatakan, Bank BTN membidik kepemilikan saham dengan komposisi sebesar 89 persen. Sementara Jasindo akan memiliki sebesar 11 persen dari total saham yang ada.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...