Ekonomi Stagnan, Jokowi: Alhamdulilah di Atas 5%, Tiga Besar di G20

Ameidyo Daud Nasution
8 Agustus 2017, 12:24
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo berpidato dalam pertemuan awal tahun pelaku industri jasa keuangan 2017 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/1).

Badan Pusat Statistik baru saja merilis angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01% pada kuartal II 2017. Meski beberapa pihak menyebutnya di bawah harapan, namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya pandangan lain.

"Alhamdulillah masih di atas 5 persen, kami syukuri ini," kata Jokowi Jokowi saat Peresmian Pembukaan Pasanggiri Nasional serta Kejuaraan Nasional Tingkat Remaja Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD Tahune 2017 di Jakarta, Selasa (8/8).

Advertisement

Jokowi juga membanggakan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masuk tiga besar di kelompok negara G20. “Kita hanya kalah dengan India dan Tiongkok,” ujarnya.

(Baca juga: Kinerja Ekspor Kembali Melambat, Ekonomi Kuartal II Stagnan 5,01%)

Ia menyebut, pertumbuhan ekonomi di negara anggota G20 lain seperti Turki, Korea Selatan, Meksiko, Jerman, Amerika Serikat, Arab Saudi, hingga Jepang kalah dari Indonesia. “Semuanya di bawah kita jauh. Ini yg sering kita tidak sadari dan syukuri,” tuturnya.

Jokowi juga membanggakan keberhasilan pemerintahannya mengontrol inflasi. Inflasi yang pada akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melampaui angka 8%, pada 2015 berhasil ditekan hingga 3,35% dan menjadi 3,02% pada 2016.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement