Jasa Marga Akan Terbitkan Obligasi Rupiah di Luar Negeri Rp 4 T

Miftah Ardhian
8 Agustus 2017, 19:03
Jasa Marga
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana menerbitkan obligasi global dalam denominasi rupiah. Dana yang diincar aksi korporasi tersebut mencapai US$ 200 - 300 juta atau maksimal Rp 4 triliun.

"Memang belum diputuskan angkanya, tapi sekitar US$ 200-300 juta ekuivalen rupiah," ujar Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (8/8).

Donny mengatakan, rencana penerbitan global bonds bakal dilakukan tahun ini. Namun, rencana tersebut masih harus didiskusikan dengan Bank Indonesia (BI). Jasa Marga juga belum menunjuk perusahaan penjamin emisi (underwriter).

(Baca juga:  Atasi Macet, Jasa Marga Akan Seragamkan Tarif Tol Jagorawi)

Donny menjelaskan, yang telah dilakukannya kini adalah roadshow ke beberapa investor. Menurutnya, penerbitan global bonds dengan denominasi rupiah ini dilakukan agar tidak semakin memperketat penerbitan obligasi di pasar domestik.

Jasa Marga sendiri membutuhkan total dana Rp 8 triliun untuk membiayai 18 proyek jalan tol. Saat ini, terdapat dua proyek yang telah selesai, yakni ruas tol Wali dan Jorr W2. Adapun, dari total kebutuhan dana tersebut, sekitar Rp 3 triliun sudah dapat dipenuhi melalui pinjaman perbankan.

Dengan demikian, sisa Rp 5 triliun kebutuhannya akan dipenuhi melalui penerbitan global bonds atau pinjaman bilateral. Meskipun demikian, Donny mengatakan, penerbitan global bonds atau pinjaman bilateral tersebut akan bersifat fleksibel.

(Baca juga: Rampung Akhir 2018, Jokowi Minta Tol Balikpapan Disambung ke Bontang)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...