Mobil Rendah Emisi Semarakkan GIIAS 2017

Dimas Jarot Bayu
11 Agustus 2017, 11:36
GIIAAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana GIIAS 2017 di Tangerang, Banten, Kamis, (10/8)

Kendaraan beremisi rendah atau low cost emission vehicle (LCEV), seperti mobil hybrid dan mobil listrik, cukup meramaikan pameran Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017. Berbagai merek otomotif, seperti Nissan, Lexus, dan  Mercedes Benz memajang mobil-mobil LCEV di booth mereka.

Nissan memamerkan dua mobil spesialnya di GIIAS 2017, yakni mobil listrik Nissan Bladeglider dan Nissan Note e-Power. Nissan Bladeglider merupakan mobil bertipe sport dengan 3 kursi revolusioner. Berkonsep mobil balap DeltaWing, bentuk Bladeglider cukup futuristik dengan pola hampir segitiga yang melebar ke belakang.

Bladeglider dipersenjatai dengan tenaga listrik berkekuatan setara 268 tenaga kuda (horsepower/Hp). Akselerasi mulai dari 0-100 kilometer per jam (km/jam) dapat dicapai dalam 5 detik dengan kecepatan maksimum 190 km/jam.

Sementara Nissan Note e-Power merupakan mobil hatchback yang menggunakan pemindah daya atau drivetrain listrik. Mobil ini didukung pula dengan baterai yang bisa diisi ulang oleh tenaga bensin.

Regional Senior Vice President & Head of Nissan in Asian and Oceania Nissan Motor Company Yutaka Sanada mengatakan, kedua mobil LCEV tersebut merupakan bentuk visi Nissan dalam memberi moda transportasi yang lebih aman, cerdas, dan dapat dinikmati oleh penggunanya.

"Nissan ingin menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih personal, bertenaga, dan menyenangkan," kata Yutaka dalam pameran GIIAS 2017 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8). (Baca: Mematut Puluhan Mobil Baru di Ajang GIIAS 2017)

Nissan juga merilis layanan purna jual lewat program Nissan Intelligent Service. Dalam program ini konsumen bisa memesan dan membeli kebutuhan suku cadang (spare part) Nissan secara online, melalui Nissan e-Parts. 

Sementara, Lexus memperkenalkan  LS 500 hL. Bersamaan peluncurannya dengan LS 500 yang menggunakan bensin, LS 500 hL dilengkapi mesin hybrid bertenaga 356 hp dengan torsi 350 Nm.

LS 500 hL merupakan sedan hybrid  versi terbaru, varian dari LS 460 yang dirilis Lexus pada 2006 silam. General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja mengklaim LS 500 hL sebagai kendaraan terbaik yang dirilis Lexus di GIIAS 2017. "Sengaja kami memilih dua tipe terbaik saja," kata Adrian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...