Menteri Susi Usulkan Pembangunan Bandara Internasional di Sumbawa

Michael Reily
14 Agustus 2017, 10:31
Susi Pudjiastuti
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Susi Pudjiastuti menyapa nelayan peserta lomba hias kapal di kawasan Pelabuhan Kali Adem, Jakarta, Minggu (7/5).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengusulkan pembangunan bandar udara internasional di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Keberadaan bandara internasional di Sumbawa diharapkan dapat menjadi saluran distribusi produk perikanan ke negara lain.

"Saya yakin akan mempercepat pembangunan sektor kelautan dan perikanan," kata Susi dalam keterangan resminya, Jakarta, Ahad (13/8).

Advertisement

Ia menjelaskan, perairan Sumbawa cukup banyak menghasilkan produk perikanan bernilai tinggi. Namun, selama ini pemasarannya kurang efisien karena produk-produk itu harus lebih dulu dibawa ke Mataram, Pulau Lombok atau bahkan ke Surabaya sebelum diekspor.

(Baca juga:  Susi Akan Bagikan 994 Kapal Nelayan Pengganti Cantrang)

Susi menyatakan, kebutuhan semua negara adalah kedaulatan di bidang pangan dan ekonomi. Dalam menghadapi persaingan dengan negara-negara di Asia Tenggara dan beberapa negara di dunia dalam pemenuhan pangan, dia mengungkapkan sumber ekonomi dari laut harus dikedepankan.

Dia menilai, Indonesia adalah negara yang besar dan harus mampu menyambut era globalisasi. Salah satu persiapannya adalah kualitas sumber daya manusia yang bisa bersaing dengan konsumsi makanan sehat dan kaya protein.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement